Friday, September 9, 2011

Pengunaan komputer di pasar internasional

Pengunaan komputer di pasar internasional
View more presentations from universitas indraprasta



Pengunaan komputer di pasar internasional — Presentation Transcript

SISTEM INFORMASI 
Dosen : Nahot Frastian, S.Kom 
PROGRAM STUDI : TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS 
INDRAPRASTA PGRI SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi

Materi kuliah SISTEM INFORMASI

Penggunaan Komputer di Pasar Internasional

3.1 Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional / Multinational Corporation (MNC) adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar, dan budaya.
MNC terdiri dari perusahaan induk dan sekelompok anak perusahaan (yang tersebar secara geografis dan mungkin memiliki tujuan, kebijakan, dan prosedur tersendiri).
Saat ini, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling kompleks yang ada secara luas.


3.1 Perusahaan Multinasional

Aktifitas setiap perusahaan dipengaruhi oleh kondisi internal dan eksternal .
Istilah warisan administratif ( administrative heritage ) digunakan untuk menggambarkan kondisi internal yang mencakup hal-hal seperti aset perusahaan, distribusi kekuasaan dalam struktur organisasi, budaya perusahaan, dan gaya manajemen.
Kondisi eksternal adalah hal-hal yang berada di lingkungan perusahaan.
MNC membuat sistem pengolah informasi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dari segi pengaruh lingkungan dan warisan administratif.

3.1 Perusahaan Multinasional

William Egelhoff dari Fordham University, MNC dapat diidentifikasi menurut 4 (empat) jenis yang berbeda, yaitu:
Divisi Fungsional Sedunia
Anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional (manufaktur, pemasaran, dan keuangan). Area-area fungsional di anak perusahaan ini melapor langsung pada pasangan fungsional perusahaan mereka di perusahan induk.
Divisi Internasional
Semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestik.

3.1 Perusahaan Multinasional

William Egelhoff dari Fordham University, MNC dapat diidentifikasi menurut 4 (empat) jenis yang berbeda, yaitu:

Wilayah Geografis

MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab anak-anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya.

Divisi Produk Sedunia

Perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk, dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri di seluruh dunia.

3.1 Perusahaan Multinasional

Pengolahan / pemrosesan informasi suatu MNC dipandang berada pada dua poros, yaitu:
Pemrosesan Informasi Taktis versus Strategis

Pemrosesan informasi yang menangani transaksi harian dalam volume besar disebut Pemrosesan Informasi Taktis (biasanya dilakukan oleh SIA). Sedangkan Pemrosesan Informasi Strategis melibatkan penyaringan dan pengikhtisaran data akuntansi untuk menonjolkan masalah-masalah tingkat tertinggi.

Informasi Perusahaan dan Negara versus Informasi Produk

Informasi perusahaan dan negara dapat dihasilkan oleh SIA maupun subsistem intelijen yang mengumpulkan data dari lingkungan perusahaan. Sedangkan informasi produk dapat dihasilkan oleh sistem informasi manufaktur dan pemasaran.

3.2 Strategi Bisnis Global

Strategi-strategi MNC menurut Barlett-Ghoshal:
Stategi Multinasional
Perusahaan memberikan kebebasan pada anak perusahaannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berada dalam wilayah mereka (desentralisasi).
Strategi Global
Perusahaan induk berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar (sentralisasi).
Strategi Internasional
Perpaduan dari strategi multinasional dan strategi global. Diperlukan tim manajemen di perusahaan induk yg memiliki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global.

3.2 Strategi Bisnis Global

Strategi Transnasional
Perusahaan induk dan semua anak perusahaannya bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, dan mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat (integrasi).
Sistem informasi yang digunakan MNC ketika mengikuti empat strategi bisnis ini disebut Sistem Informasi Global (Global Information System / GIS ).

Konsep GIS merupakan sesuatu yang baru di bidang komputer. GIS dapat didefinisikan sebagi suatu sistem yang terdiri dari jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas negara.

3.3 Global Business Drivers

Saat perusahaan mulai menerapkan komputer secara global, mereka mulai menyadari luasnya keuntungan-keuntungan yang tersedia.
Keuntungan ini dikenal sebagai Global Business Drivers (GBD).
GBD adalah suatu entitas yang mengambil manfaat dari economies of scale dan economies of scope , serta kemudian memberikan kontribusi pada strategi bisnis global.
PR: Apa itu economies of scale dan economies of scope ?

3.3 Global Business Drivers

Di bawah ini adalah tujuh driver yang diidentifikasi melalui survei atas 105 MNC yang berkantor pusat di Amerika Serikat:
Sumber daya bersama
Beberapa anak perusahaan MNC membagi sumber daya yang sama untuk mengurangi biaya, misal armada kapal tanker dan pusat-pusat distribusi.
Operasi yang fleksibel
Produksi dapat dipindahkan dari satu pabrik ke pabrik yang lain sebagai respon atas perubahan kondisi. Seperti pemogokan atau kenaikan harga dari pemasok.
Rasionalisasi operasi
Berbagai komponen dan sub-rakitan dibuat di seluruh dunia dan kemudian dirakit untuk menghasilkan produk jadi.

3.3 Global Business Drivers

Pengurangan resiko
MNC membatasi resiko dalam beroperasi di satu negara dengan beroperasi di berbagai negara. Misalnya resiko penurunan nilai mata uang suatu negara.
Produk global
Perusahaan memasarkan produk yang sama di seluruh dunia atau anak perusahaan di seluruh dunia merakit produk dari sub-rakitan yang sama.
Pasokan yang langka
Sumber daya yang langka disimpan terpusat dan tersedia saat diperlukan.
Pelanggan tingkat perusahaan
Perusahaan memiliki pelanggan yang berada di seluruh dunia.

3.4 Masalah dalam Menerapkan SI Global

MNC yang memulai suatu proyek untuk membentuk GIS akan menghadapi sejumlah permasalahan:

Kendala politis
Pemerintah negara tempat anak perusahaan dapat memaksakan beragam pembatasan yang menyulitkan perusahaan induk untuk menyertakan anak perusahaan dalam jaringan.
Permasalahan teknologi
MNC sering diganggu oleh masalah-masalah yang berkaitan dengan tingkat teknologi yang ada di negara tempat anak perusahaan.
Kurangnya dukungan dari manajer anak perusahaan
Manajer anak perusahaan sering menganggap standar baru sebagai hal yang tidak perlu. Mereka sebagian dibayar berdasarkan profitabilitas, dan enggan mengikuti solusi perusahaan yang dianggap akan menurunkan pendapatan mereka.

3.5 Strategi Penerapan GIS

Karakteristik dari tiap-tiap strategi MNC adalah sebagai berikut:
Strategi multinasional (desentralisasi) memerlukan sejumlah tim pengembangan yang bekerja di sejumlah anak perusahaan.
Pada strategi global (sentralisasi), tim pengembangan GIS mengerjakan sebagian besar tugasnya di perusahaan induk.
Pada strategi internasional (kombinasi sentralisasi dan desentralisasi), satu atau sejumlah tim pengembangan dapat bepergian dari perusahaan induk ke anak-anak perusahaan.
Strategi transnasional (integrasi), tim pengembangan menyertakan wakil-wakil dari perusahaan induk dan anak perusahaan.

3.5 Strategi Penerapan GIS

Karena strategi transnasional paling rumit, menyatukan seluruh MNC menjadi menjadi suatu sistem yang bekerja lancar, strategi penerapannya dapat menjadi model untuk menghindari kegagalan-kegagalan potensial.
Berikut beberapa strategi transnasional:
Menghubungkan GIS dengan strategi bisnis
Menentukan sumber daya informasi
Menyediakan pembagian data
Memperhatikan lingkungan budaya

3.6 Penggunaan Komputer di Seluruh Dunia

George Vlahos dan Thomas Ferratt, profesor SIM di University of Dayton menyebut survey atas 55 manajer perusahaan yang beroperasi di Yunani.
Penemuan mereka menunjukkan bagaimana para manajer di negara tersebut menggunakan komputer untuk mendukung pengambilan keputusan.

3.6 Penggunaan Komputer di Seluruh Dunia

Perangkat keras dan perangkat lunak
Manajer hanya menggunakan komputer personal (PC) atau terminal, dan stand-alone PC lebih populer daripada komputer yang dihubungkan dengan jaringan. Dalam hal perangkat lunak, yang paling populer adalah paket yang berkaitan dengan EUC (paket pengolah kata, spredsheet, pengolah database, dan grafik).
Dukungan pemecahan masalah
Manajer memberikan nilai tertinggi pada komputer dalam mendukung pengalokasian sumber daya dan nilai terendah dalam negosiasi. Para manajer juga memberikan nilai yang tinggi pada komputer dalam mendukung peran entrepreneur dan disturbance handler .


3.6 Penggunaan Komputer di Seluruh Dunia

Subsistem CBIS

Dua subsistem yang mendapatkan proporsi nilai terbesar dari manajer adalah sistem pelaporan informasi dan sistem informasi eksekutif. Keduanya merupakan contoh sistem informasi manajemen. Selanjutnya adalah sistem pendukung keputusan dan sistem informasi akuntansi. Sistem otomatisasi kantor juga mendapatkan peringkat yang baik. Subsistem yang mendapat nilai terendah adalah sistem pakar, karena sukar untuk mencapainya.
Permasalahan Kasus
Athens Computer Sales and Service

Anda adalah manajer penjualan dari Athens Computer Sales and Service , distributor terbesar perangkat keras dan perangkat lunak komputer di Yunani. Perusahaan Anda mewakili semua pemasok perangkat keras dan perangkat lunak terkemuka di dunia.
Suatu hari Anda bekerja di kantor, mengerjakan rencana penjualan untuk tahun depan yang akan mengarahkan para tenaga penjualan.

Teman Anda, yang mengajar di suatu universitas lokal, baru saja mengirimkan fax salinan penelitian Vlahos-Ferrat mengenai penggunaan komputer oleh para manajer perusahaan Yunani.
Permasalahan Kasus

Anda sedang memikirkan bagaimana memasukkan informasi tersebut ke dalam rencana Anda.
Sebelum Anda menerima laporan penelitian tersebut, Anda dan atasan Anda, si pemilik, telah memutuskan untuk memfokuskan usaha penjualan pada koordinasi.
Jika para wiraniaga dapat menunjukkan pada para manajer di MNC Yunani bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak Anda akan membantu mereka mengkoordinasikan lebih baik sumber daya global mereka, pesanan akan berdatangan.

Anda tahu dari penelitian pemasaran bahwa sebagian besar MNC memiliki struktur organisasi yang didasarkan pada divisi fungsional sedunia, dan mengikuti strategi transnasional.

Permasalahan Kasus

Perusahaan-perusahaan membuat sub-rakitan pada pabrik-pabrik yang tempatnya terpusat dan mengirimkan sub-rakitan tersebut ke anak-anak perusahaan, yang akan merakitnya menjadi barang jadi.
Anda bermaksud mengarahkan rencana penjualan Anda pada sasaran pasar yang khusus ini.
Anda ingin mengarahkan usaha penjualan tepat pada titik yang paling tepat.
Anda percaya ini lebih efektif daripada menjual segala sesuatu pada semua orang.
Permasalahan Kasus

Tugas
Buatlah dua rencana – satu untuk perusahaan induk MNC dan satu untuk anak-anak perusahaannya. Untuk tiap rencana, tentukan hal-hal berikut:
Tingkat manajemen tertentu yang harus dihubungi oleh wiraniaga agar kesempatan penjualan yang maksimum tercapai.

Area fungsional tertentu (selain IS) yang harus dihubungi wiraniaga.
Jenis perangkat keras (sarankan hanya satu) yang harus digunakan oleh manajer pada tingkatan yang dipilih dan area fungsional yang dipilih tersebut.
Jenis-jenis perangkat lunak (Anda dapat menyarankan lebih dari satu) yang akan memungkinkan manajer mengkordinasikan sumber daya yang menjadi tanggung jawabnya.
Permasalahan Kasus

Untuk tiap spesifikasi Anda, beri penjelasan singkat (satu hingga tiga kalimat) mengapa pilihan itu dibuat.

Beri judul “Rencana Penjualan untuk Perusahaan Induk” untuk daftar yang satu, dan “Rencana Penjualan untuk Anak-anak Perusahaan” untuk daftar yang lain.
Buatlah rencana Anda singkat dan mudah, para wiraniaga tidak suka banyak membaca.
Pada tiap daftar, sertakan hanya empat pokok yang telah ditentukan di atas.

0 comments:

Post a Comment